Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih

AKSI GERAKAN NASIONAL INDONESIA BERSIH

Selasa, 24 Januari 2012

Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih Denma Mabesau


MARKAS BESAR ANGKATAN UDARA
             DETASEMEN  MARKAS


RENCANA AKSI GERAKAN NASIONAL INDONESIA BERSIH
DILINGKUNGAN SERTA WILAYAH KERJA DENMA MABESAU
PADA TW I DAN II TAHUN 2012

Pendahuluan

1.            Mengacu dari perintah Panglima serta direktif Kasau tentang Renc Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih (RAGNI) TNI AU 2012 – 2014 sebagai pedoman didalam penyusunan, perencanaan dan pelaksanaan Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih di Jajaran TNI AU, sehingga dapat terwujud kesamaan pola piker dan pola tindak diseluruh institusi di jajaran TNI AU baik operasi dan pendukungnya serta pendidikan dalam pelaksanaannya.

2.            Denma Mabesau merupakan institusi pelayanan markas di bawah jajaran TNI AU bertanggung jawab didalam pelaksanaan kebersihan didalam lingkungan markas maupun diluar markas  yang menjadi wilayah tanggung jawabnya sekaligus untuk dapat mensosialisasikan dan mewujudkan aksi tersebut  sesuai direktif Kasau agar sejalan dan turut serta didalam kewajibannya pada  AGNIB TNI AU 2012 – 2014. Untuk itu peningkatan sistem dan pengintegrasian dalam pengelolaan kebersihan di lingkungan TNI AU harus sejalan dengan Gerakan Nasional Indonesia Bersih termasuk pelibatan Denma Mabesau dalarn pengelolaan kebersihan fasilitas umurn meliputi kebersihan sarana perhubungan, kebersihan sungai di wilayah kerjanya, kebersihan sekolah dan sarana pendidikan, kebersihan sarana kesehatan, kebersihan pengelolaan limbah cair dan sampah padat (waste management) serta mengubah pola pikir masyarakat sekitar.

3.            Dalarn melaksanakan perintah Kasau yakni agenda menjamin pencapaian keberhasilan pelaksanaan Rencana Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih di lingkungan Markas Besar Angkatan Udara dan wilayah kerja dibawah tanggung jawab Denma mabesau menjadi Bersih, Indah dan Tertib dan sesuai dengan metoda pengelolaan kebersih6n Reduce, Reuse dan Recycle (3R) serta sistern pengelolaan kebersihan yang terintegrasi. Oleh karena itu disusunlah Rencana, kebijakan dan strategi yang sesuai serta realistis untuk dipedomani oleh Denma Mabesau disetiap Tahunnya dengan mengukur perkembangan disetiap Triwulan.

Maksud dan Tujuan

4.            . Penyusunan Rencana Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih di lingkungan serta wilayah kerja Denma Mabesau dimaksudkan sebagai pedoman pelaksanakaan serta pelaporan aksi kebersihan di awal 2012 pada TW I dan menjadi pertimbangan untuk perencanaan kembali di TW berikutnya dan seterusnya. dengan tujuan dapat mewujudkan aksi Gerakan Bersih secara terencana, terarah, berkesinambungan dan maksimal.

Ruang Lingkup dan Tata Urut

5.            Ruang Lingkup dan Tata Urut. Naskah ini dibatasi pada uraian Rencana Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih di Lingkungan wilayah tugas tanggung jawabnya Denma Mabesau beserta seluruh pendukung dengan tata urut adalah sebagai berikut:

a.           Pendahuluan.
b.           Tugas dan Tanggung jawab.
c.            Sasaran Penyelenggaraan.
d.           Administrasi dan Logistik.
e.           Komando, Kendali dan Komunikasi.
f.                        Penutup.

Tugas dan Tanggung Jawab

6.            Denma Mabesau melaksanakan Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih Dilingkup lingkungan TNI AU   mulai Januari 2012 sampai dengan 2014 di lingkungan perkantoran, kesatrian, kompleks, mess-mess dan tempat tinggal serta kesiapan guna mendukung pelibatan TNI AU membantu Kementerian/Lembaga/Pemda dalam rangka Rencana Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih. Lingkup batasan yang dilaksanakan oleh Denma Mabesau yaitu :

a.    Markas Besar TNI AU
b.    Kediaman Kasau dan Wakasau
c.    Mabesau Lama
d.    Perumahan Triloka
e.    Perumahan Dwikora Cilodong Cimanggis
f.     Ksatrian /Barak Satwalkol Cisalak
g.    Perumahan/Mess CakrawalaI/II
h.    Perumahan Cakung Payangan
i.      Lingkungan 100 meter radius dari Markas Besar AU

7.            Rencana Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih di Lingkup Denma Mabesau  diselenggarakan meliputi kegiatan Perencanaa, Pelaporan, Sosialisasi, Pengajuan dan pelaksanaan tugas (terjadwal) kebersihan di lingkungan perkantoran, kesatrian, kompleks, mess-mess dan tempat tinggal personel-personel Denma Mabesau yang tersebar di wilayah Jabotabek  secara serentak, terarah dan terus menerus. Pendayagunaan kernampuan Denma Mabesau untuk mencapai sasaran kebersihan termasuk kemungkinan. pelibatan didalam  membantu TNI AU dengan Kementerian/ Lembaga/Pemda dalam melaksanakan kebersihan fasilitas umum dilaksanakan secara sisternatis, sehingga, dirumuskan sasaran dan pokok-pokok kebijakan yang diimplementasikan dalam pelaksanaan Rencana Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih di Lingkungan TNI AU.

Sasaran Penyelenggaraan.

8.            Sasaran Penyeelenggaraan Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih di Lingkup Denma Mabesau dibatasi dengan Wilayah kerja serta mempedomani perintah kasau yang dijabarkan sesuai garis besar pada table RAGNIB TNI, sehingga Rencana Garis Besar di Denma akan di laporkan sementara sampai dengan TW II 2012, dan akan di susun kembali secara berkesinambungan rencana aksi pada TW berikutnya sekaligus melaporkan keseluruhan pelaksanaan di TW sebelumnya sebagai bahan masukan untuk Perencanaan berikutnya dengan dengan proyeksi yang lebih tersosialisasi dan terkoordinasi dengan baik  dengan instansi teknis dari unsasiur-unsur Kementerian/Lembaga/Pemda terkait dalam hal penyediaan sarana dan prasarana, serta dalam hal pelibatan TNI AU pada aksi kebersihan. (Tabel Jadwal Terlampir).

9.            Penyelenggaraan yang akan dilaksanakan guna terwujud kegiatan aksi tersebut dapat mencapai sasaran, berjenjang serta berkesinambungan dan menghasilkan pola pikir dan pola tindak yang sesuai dengan keinginan pimpinan,  secara garis besarnya  adalah :

a.            Pembentukan Posko Taktis Denma.
b.            Sosialisasi Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih. TW I dan II 2012
c.             Pembagian Tugas dan tanggung jawab. s/d Akhir TW II  2012
d.            Koordinasi dengan Satuan/Instansi Atas, Samping dan Bawah.
e.            Pendataan serta pengajuan Sarana Prasaranya s/d TW II 2012

Administrasi dan Logistik.

10.         Setiap Personel Denma Mabesau  mendukung pelaksanaan aksi kebersihan TNI AU di di lingkungan perkantoran, kesatrian, kompleks, mess-mess dan tempat tinggal personel TNI AU serta area disekitarnya dengan radius 100 meter.   Pararel pula dengan Protap Ketentuan Kegiatan Umum  Kalender  1 Tahun 2012 Mabesau Nomor : Protap/01/ I /2012 /Denma tanggal 4 Januari 2012  yang telah disusun dan dibuat serta di serahkan kepada seluruh Kabagum/Kataud satker di Mabes untuk disosialisasikan, dipedomani kepada personel-personel yang berada di Markas Besar AU selain Personel Denma,  Pada Poin Ketentuan Kebersihan dan Permildas tercantum jadwal kegiatannya serta kode area yang di berlakukan agar tetap menjaga ketertban dalam pelaksanaannya.

11.         Anggaran kegiatan Aksi Gerakan Nasional Indonesia Bersih di Wilayah tugas dan tanggung jawab Denma Mabesau, didukung melalui prograrn pembinaan dan pembangunan kekuatan TNI AU.  Sehingga Denma Mabesau secara Berjenjang akan mengakomodir baik itu kebutuhan Personil, Waktu Kegiatan, Sarana dan Prasarana, Giat Sosialisasi, Pelatihan, dan hal-hal lain yang berhubungan langsung dengan kegiatan aksi tersebut  serta yang sekiranya membutuhkan anggaran serta memaksimalkan sarpras yang telah ada untuk sementara disamping  Sistem manajemen limbah padat dan cair dan yang terakhir adalah perubahan pola pikir yang mencakup sistem pendidikan, penegakkan hukum, partisipasi publik dan upaya edukasi publik yang berjalan kontinyu.

12.         Laporkan perkembangan pelaksanaan aksi secara berjenjang sesuai hirarki.  Adakan Koordinasi dengan jajaran dibawah diluar intitusi TNI AU yaitu dari kementrian  dan kelembagaan maupun Pemda yang telah ditunjuk secara langsung sebagai penanggung jawab RAGNIB adapun kementrian dan lembaga yang dimaksud adalah sebagai berikut:

a.            Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
b.            Kementrian Agama
c.             Kementrian Kesehatan
d.            Kementrian Perhubungan
e.            Kementrian Perumahan Rakyat
f.              Kementrian Pekerjaan Umum
g.            Kementrian BUMN
h.            Kementrian Perindustrian
i.              Kementrian Tenaga kerja dan transmigrasi
j.              Kementrian Dalam Negeri
k.             Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
l.              Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal
m.           Kementrian Komunikasi dan informatika.
n.            Kementrian Pemuda dan Olah Raga
o.            Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Komando, Kendali dan Komunikasi

13.         Komando.

a.         Komando penuh berada pada Kasau, didukung oleh Dandenma Mabesau Selain Penanggung Jawab Operasional diwilayahnya.

b.         Komando operasional pelibatan unsur TNI AU di jajaran Denma Mabesau kepada unsur Kementerian/ Lembaga dan Pemda dalam Aksi Kebersihan fasilitas pelayanan umum, berada pada Komando Kewilayahan TNI AU dalam hal ini Dandenma Mabesau.

c.         Komando taktis pelibatan unsur TNI AU Dalam hal ini Denma Mabesau kepada unsur Kementerian/Lembaga dan Pemda dalam Aksi Kebersihan di wilayah tanggung jawabnya dilaksanakan dengan koordinasi, atau berada pada Komandan Detasemen Markas AU sebagai Satuan Kowil.

d.         Pos Komando.

1)         Posko Utama berada di Mabes TNI AU.

2)         Posko Taktis berada di Denma Mabesau.

14.         Kendali.

a.         Kendali Operasional berada pada Komandan Denma Mabesau.

b.         Kendali Taktis berada pada Satuan Komando Wilayah Denma Mabesau.

15.         Komunikasi.
a.            Melaksanakan sistem komunikasi yang tergelar dan sudah terlaksana bahkan yang terbaru di Denma Mabesau meliputi Telepon, Faksimile, Email, Web/Situs, Radio.

b.            Pos Gerakan Nasional Indonesia Bersih di Denma Mabesau :

1)           Telephone                     :    (021)8709801/9802/9823
2)           Faximile                         :    (021)8714522
3)           E-Mail                             :    denmabesau@yahoo.co.id  
denmamabesau@gmail.com
4)           Bloger                            :    denmamabesau.blogspot.com 
5)           Radio                             :    Menggunakan Instalasi Komunikasi
                                                         Denma mabesau yang sudah tergelar.
c.            Adakan konfirmasi kepada Posko GNIB TNI AU pada kesempatan pertama, setelah menerima Renc AGNIB  TNI AU.

d.            Utamakan keterbukaan informasi terhadap pelaksanaan Rencana AGNIB Denma Mabesau dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

16.         Demikian Renc AGNIB Denma Mabesau diwilayahnya baik beserta jajarannya dalam mendukung Gerakan Indonesia Bersih 2012 – 2014, sehingga dapat  terjadi peningkatan pemahaman dan budaya kebersihan kemudian bertambahnya sarana dan prasarana pendukung kebersihan. di Denma  Mabesau   Kemudian dapat menjadi pedoman bagi seluruh personel/jajaran Denma Mabesau serta Kementrian/Lembaga/Pemda dalam pelaksanaannya dilapangan.

                                                                                                        Jakarta,     Januari  2012
                                                                                                   Komandan Denma Mabesau



                                                                                                               Imron Nasution
                                                                                                      Kolonel Pnb NRP 509051

2 komentar:

  1. Bravo Denma Mabesau... sukseskan program pemerintah dalam "Gerakan Bersih". Lingkungan kerja yang bersih akan berdampak pada kinerja anggota Mabesau.

    BalasHapus
  2. Great...!! Program bagus! Mari bersama kita support dan sukseskan Program Pemerintah dalam "GERAKAN BERSIH". Selamat dan sukses....!

    BalasHapus

Berikan komentar dan informasi anda sebagai Anggota di Markas TNI AU untuk tugas tugas Denma Mabesau